Selasa, 18 Oktober 2016

obat tradisional

Khasiat Tripang Emas Bagi Kesehatan

Wednesday, April 22nd 2015. | Kesehatan, QnC Jelly Gamat
Dalam artikel ini saya akan membahas tentang Khasiat Tripang Emas Bagi Kesehatan yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
sdg
Tripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) merupakan spesies tripang yang paling bagus yang hidup di dasar laut. Tripang memiliki bentuk bulat panjang seperti timun sehingga tripang biasa di sebut mentimun laut. Sala satu komunitas tripang terbesar di seluruh dunia berada di daerah asia pasifik dan sala satunya di indonesia.
Teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) memiliki kandungan dan khasiat luar biasa dalam mengobati berbagai jenis penyakit akut maupun kronis, seperti : maag, asam lambung, stroke, diabetes melitus, darah tinggi, asam urat, batu ginjal, batu empedu, kista, kolesterol, jantung, tumor, dll. Selain itu teripang emas juga sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis kanker.

Hasil Penelitian Tripang Emas

Berdasarkan hasil penelitian di beberapa universitas di malaysia, ditemukan bahwa teripang / gamat emas memiliki puluhan lebih kandungan aktif yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya :
° Protein 86,8%
° Kolagen 80,0%
° Mineral
° Mukopolisakarida
° Glucasaminoglycans (GAGs)
° Antiseptik alamiah
° Glucosamine dan Chondroitin
° Saponin
° Omega-3, 6, dan 9
° Asam Amino
° Lektin
° Vitamin dan Minera
penelitian1
Didalam dunia medis, teripang juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa, diantaranya untuk penyembuhan luka seperti luka bakar, luka gores, sayat, mengatasi kulit gatal, sebagai tonik ginjal, darah tinggi, jerawat, asam urat, maag, masalah persendian pada usia lanjut, tumor, kista, kanker, stroke, kesehatan liver, kesehatan jantung dsb. bahkan sudah banyak penelitian penelitian tentang khasiat dari ekstra teripang.
Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.
Menurut Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI. Di dalam teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat.



sumber

2 komentar: